Minggu, 10 Desember 2017

Sigap Tanggap Melindungi Diri Melawan Pancaroba

Haiii gaesss.....
Sesuai artikel aku sebelumnya, aku mau buat artikel tentang "Sigap Tanggap Melindungi Diri Melawan Pancaroba". jangan bosen baca artikel-artikel di blog ku yaaa

Iklim adalah keadaan yang mencirikan atmosfer (yaitu hasil pengukuran atau pengamatan berbagai unsur cuaca) pada suatu daerah dalam jangka waktu yang cukup lama, yaitu ± 30 tahun. Jangka waktu tersebut dianggap cukup lama untuk meratakan fluktuasi skala kecil (Susilo, 1996: 104).
Perubahan iklim yang terjadi saat ini disebabkan oleh efek rumah kaca. Efek rumah kaca, yang pertama kali diusulkan oleh Joseph Fourier pada 1824, merupakan proses pemanasan permukaan suatu benda langit (terutama planet atau satelit) yang disebabkan oleh komposisi dan keadaan atmosfernya.
Efek rumah kaca disebabkan karena naiknya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Kenaikan konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyakbatu bara dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya.
Pemanasan global dapat mempengaruhi iklim dan menyebabkan perubahan iklim. Perubahan iklim tersebut memiliki dampak bagi kesehatan.
  1. Badai dan banjir.
  1. Panas.
  1. Biologi vektor.
  1. Polusi udara.
  1. Ketersediaan pangan.
  1. Kerentanan sosial.
  1. Pembalakan liar hutan-hutan
  1. Air
Berikut adalah beberapa penyakit yang muncul di karenakan cuaca ekstrem dan seringkali menyerang balita antara lain:
  • Influenza (Flu) 
  • ISPA ( Infeksi Saluran Pernapasan Akut) 
  • Penyakit Saluran Cerna
  • Demam Berdarah Dengue (DBD)
  • Asma
  • Gangguan Kulit
  • Sakit Mata 
Pastinya kita tidak ingin terserang penyakit seperti itu kan, aku punya tips untuk melindungi diri melawan pancaroba yaitu:
1. Jaga kebersihan!
Pastikan untuk selalu membersihkan lingkungan rumah dengan teratur dengan mengoptimalkan ventilasi rumah sebagai sirkulasi udara dan juga cahaya, menguras bak mandi atau penampungan satu kali dalam seminggu, mengganti atau membersihkan vas bunga dan tata ulang barang-barang di tempat Anda tinggal. Jika tidak memungkinkan untuk me-recycle barang-barang bekas Anda, buanglah ke tempat pembuangan.
2. Lindungi tubuh
Gunakan masker jenis N95 untuk menghindari bakteri dan virus yang mudah masuk ke dalam rongga hidung dan mulut. Selain itu gunakan pakaian yang lebih tertutup untuk mencegah nyamuk menularkan virus demam berdarah.
3. Pola makan yang sehat
Menjaga daya tahan tubuh bisa Anda lakukan dengan dengan mengonsumsi protein, buah dan sayur-sayuran dan karbohidrat yang seimbang. Konsumsi buah dan sayuran sudah termasuk vitamin alami yang sagat dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh saat musim pancaroba.
4. Istirahat yang cukup
Gunakan waktu istirahat dengan tepat. Tidur tujuh hingga delapan jam setiap harinya, akan membantu tubuh meregenerasi sel-selnya sehingga mampu memulihkan daya tahan tubuh di keesokan harinya.
5. Konsumsi cukup air putih
Pastikan untuk selalu mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas dalam sehari, karena memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan sistem metabolisme dan daya tahan tubuh setiap harinya.

hal yang perlu digunakan untuk melindungi diri saat pancaroba:
1. kaca mata
digunakan untuk menghindari masuknya koron ke dalam mata
 2. topi
digunakan untuk melindungi kepala saat cuaca panas. dengan topi, kepala manusia tidak langsung terpapar oleh sinar matahari yang dapat menyebabkan sakit kepala, pusing.
 3. jas hujan
digunakan saat musim hujan dan melindungi diri agar tidak basah. jika baju yang dipakai masih tetap basah, segera ganti baju agar tidak terserang penyakit


 4. payung
bisa digunakan saat musim hujan maupun musim kemarau. payung dapat melindungi diri dari atas kepala hingga kaki.
 5. masker
digunakan untuk melindungi saluran pernafasan serta melindungi bagian hidung hingga dagu dari debu maupun kotoran.
daftar pustaka:
Prawirowardoyo, Susilo. 1996. Meteorologi. Penerbit ITB: Bandung.
Norhayati. 2015. Pengaruh Iklim Terhadap Kesehatan Manusia. https://norhayati099.wordpress.com/2015/06/15/pengaruh-iklim-terhadap-kesehatan-manusia/ (diakses 15 Juni 2015)


jangan lupa jaga kesehatan saat musim pancaroba ini. semoga artikel yang aku buat dapat bermanfaat bagi reader.
thankyou....

2 komentar:

Sigap Tanggap Melindungi Diri Melawan Pancaroba

Haiii gaesss..... Sesuai artikel aku sebelumnya, aku mau buat artikel tentang "Sigap Tanggap Melindungi Diri Melawan Pancaroba"...