Minggu, 12 November 2017

Praktikum Media & Reagen

Holaaa gaeesss…..
Setelah bahas praktikum kimia analisa di blog sebelumnya, pada blog ini aku mau bahas tentang praktikum media & reagen. Sebelumnya aku mau tanya nih, ada yang tau tentang praktikum media & reagen?
Ada yang tau gak?
Yaudah bagi yang belum tau dan yang sudah simak aja blog ini yang akan bahas tentang praktikum media & reagen yang ada di AAK Theresiana Semarang.

Cara pembuatan media Mac Conkey Agar
1. Ditimbang serbuk media sesuai perhitungan
2. dilarutkan sebuk media dengan aquadest yang sudah ditentukan
3. dipindahkan larutan ke dalam erlenmeyer
4. ditutup kapas pada mulut erlenmeyer
5. dipanaskan dengan menggunakan hotplate
6. dibungkus dengan kertas coklat sebelum disterilisasi
7. disterilisasi dengan suhu 121°C selama 15-20 menit
8. setelah disterilisasi larutan media ditunggu dingin kemudian dituang ke petri


Praktikum media & reagen ini beda dengan praktikum kimia analisa. Bukan berarti ada kata reagen jadi pada mikir sama kayak praktikum kimia analisa. Tentu beda banget ya gaeesss….
Bedanya dimana? Yuk cek langsung. Praktikum media & reagen yaitu praktikum yang mengajarkan tentang pembuatan media atau reagen yang dibutuhkan dalam praktikum tertentu. Praktikum ini akan berlanjut ke praktikum bakteriologi, praktikum mikologi, dan praktikum lain yang menggunakan media atau reagen. Sedangkan, praktikum kimia analisa untuk mengetahui reaksi kimia dari sampel yang bereaksi dengan larutan pereaksi.
Gimana? Kalian udah tau kan perbedaannya. Sekarang kita cari tau persamaannya. Persamaan dari kedua praktikum yaitu sama-sama dilakukan di laboratorium. Haha enggak itu persamaannya :D. kedua praktikum itu memberikan pengetahuan yang sebelumnya belum didapatkan di jenjang pendidikan sebelumnya, kemudian juga asik, seru saat praktikum. Dosen pengajar dan pembimbing yang ada pun ramah dan friendly dengan mahasiswa/I jadi jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan tidak perlu merasakan canggung.
Sekian bahasan yang aku utarakan di blog ini, semoga bermanfaat untuk reader sekalian.

Matursuwun….

1 komentar:

Sigap Tanggap Melindungi Diri Melawan Pancaroba

Haiii gaesss..... Sesuai artikel aku sebelumnya, aku mau buat artikel tentang "Sigap Tanggap Melindungi Diri Melawan Pancaroba"...